Logo

H Mukti: KH Zakaria Ulama Besar Kharismatik

Dipublikasikan oleh admin - 23 May 2024 - 1209 Dilihat
Berita IMG

· Pj Bupati Merangin Hadiri Acara Akbar Haul ke-28

 

Bangko- Almarhum KH Zakaria bin H Moh Zen adalah ulama besar yang kharismatik, terkenal seantero negeri dan telah banyak berjasa dalam memajukan ajaran Agama Islam di Indonesia, terlebih di Provinsi Jambi - Kabupaten Merangin.

 

Hal tersebut sebagaimana dikatakan Pj bupati Merangin H Mukti, saat menghadiri acara Haul KH Zakaria bin H Moh Zen, di halaman Ponpes Azzakariyya, Desa Muara Panco Kecamatan Renah Pembarap, Rabu (22/05).

 

‘’Hari ini Haul beliau yang ke-28. Kita mengenang jasa-jasa ulama besar dalam mensyiarkan agama Islam. Haul ini menyatukan kita untuk bersilaturahmi bersama para tokoh agama, para alim ulama, umaroh dan para anak-anak santri,’’ujar Pj Bupati.

 

Komitmen bersama untuk menggeliatkan pendidikan Agama Islam di Kabupaten Merangin sudah dilakukan dengan berdirinya lebih dari 85 pondok pesatren di Bumi Tali Undang Tambang Teliti Kabupaten Merangin.

 

‘’Merangin ini menjadi kabupaten/kota terbanyak pondok pesantren di Provinsi Jambi. Pondok-pondok pesantren itu tersebar di 24 kecamatan dalam Kabupaten Merangin yang sama-sama kita cintai ini,’’terang H Mukti.

 

Selain itu lanjut Pj bupati, di Kabupaten Merangin pula telah banyak lahir tokoh-tokoh agama dan ulama-ulama besar, salah satunya KH Zakaria yang telah wafat 28 tahun lalu dan hari ini sama-sama diperingati.

 

Tampil sebagai penceramah pada acara tersebut, Ustadz kondang Anugerah Cahyadi Batubara atau lebih dikenal dengan Ustadz Ucai. Meskipun bertubuh kecil namun bika ceramah suara ustadz ini melengking sampai sejagat Merangin.

 

Tampak hadir di tengah keramaian ratusan jemaah pada acara itu, Sekda Merangin Fajarman, Ketua Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Merangin Dr H Joni Mussa, pimpinan Pondok Pesantren Azzakariyya Kyai A Khaidir.

 

Selain itu juga hadir Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Muhammad Syukur yang tampil karismatik, Ketua Yayasan Ponpes Azzakariyya Idham Khalid, Camat Renah Pembarap dan sejumah tokoh penting lainnya.(teguh/komifo)

Share: